The Truth ( EDISI FULL )

Al-Khaaliq (PERENCANAAN DAN PENCIPTAAN)

Diawali dari satu keterpaduan yang sempurna, alam semesta kemudian tercipta dan mengembang secara dinamis. Materi terbentuk dan saling berinteraksi. Elektron dan Positron yang bersifat elementer tak terbagi lagi, bersama dengan netron dan proton membangun atom pertama. Lalu reaksi fusi dan juga fisi atau penyatuan dan pemisahan menghasilkan energi dari proses eksitasi. 

Daya tercipta dari sifat yang terintegrasi dalam sebuah materi. Lalu materi sederhana yang semula hanya dikenal sebagai atom tunggal hidrogen mampu memancarkan berkas cahaya berupa paket kuanta. Cahaya berperan sebagai gelombang juga sebagai materi, di satu sisi ia merambat dan di pihak lain ia melompat. Di satu sisi ia bergerak linier, dan di sisi sebaliknya ia berinterferensi. Cahaya tampak adalah suatu contoh radiasi yang disebut radiasi elektromagnetik. Contoh yang lain adalah sinar-X, sinar ultraviolet, sinar infra merah, gelombang radar, dan gelombang radio. Jenis-jenis radiasi ini terdri dari medan listrik dan medan magnet yang berosilasi saling tegak lurus dan kedua-duanya tegak lurus terhadap arah propagasi atau arah penerusan dari radiasi. Jenis-jenis radiasi tersebut memiliki perbedaan pada macam frekuensinya. Osilasi yang berhubungan dengan radiasi elektromagnetik berupa gelombang sinus dengan propagasi gelombang v, panjang gelombang l, dan frekuensi n. n= v/l.

Teori cahaya sebagai gerak gelombang, dikemukakan oleh Huygens yang menerangkan bahwa apabila cahaya yang berupa gelombang bertemu dengan suatu penghalang (celah), titik-titik pada celah dapat berfungsi sebagai gelombang baru yang akan meneruskan gelombang - gelombang baru tersebut ke segala arah. Gelombang-gelombang tersebut akan membentuk garis-garis lengkung (difraksi). Bila pada celah datang 2 gelombang atau lebih maka akan tampak pola perpaduan antara 2 gelombang. Perpaduan 2 gelombang dengan frekuensi dan fasa yang sama tetapi dengan amplitudo yang berbeda akan saling memperkuat (interferensi) secara konstruktif. Superposisi 2 gelombang dengan frekuensi sama tetapi dengan fasa berlawanan akan menghasilkan interferensi destruktif. 


Untuk kelanjutan nya, silahkan donwload di link berikut

0 komentar:

Post a Comment