Pada Sebuah Pantai

Tauhid Nurazhar


Perjalanan adalah sebuah pencarian. Maka puncak gunung, pantai, dan pulau adalah sebuah penemuan. Saat indera kita bersirobok dengan debur ombak, dengan lambai nyiur, dan dengan desau angin yang bernyanyi dalam kesepian maka mereka semua seolah mengabarkan suatu pertemuan, perjumpaan yang menjadi penghujung dari sebuah perjalanan. Berkisahlah sebuah cangkang moluska tentang ion kalsium yang membangun dirinya,tetang sejarah kehadiran partikel di semesta.
Berkisahlah kopepoda tentang perjalanan hidup bangsanya, yang meski berukuran mungil tetapi dapat membangun sistem koordinasi dengan bermilyar makhluk berspesies sama. Tentang lumba-lumba si hidung botol yang melabuhkan rindu dengan ekolokator untuk menjejaki pasangannya.




Tentang air yang mengarungi berbagai samudera berbatimetri beda untuk akhirnya bergulung dan memecah di pantai pulau ini. Sang moluska, kopepoda, lumba-lumba dan air sejatinya tidak akan pernah berhenti, mereka akan terus mengembara, mengemban peran kehidupan. Mungkin kelak mereka akan singgah lagi di pantai ini atau bagi moluska, mungkin ia akan berubah wujud menjadi pasir putih berbayang pokok nyiur yang melambai.Perjalanan adalah pencarian, adalah pertemuan, adalah awal dari kepergian, titik mula keberangkatan,sekaligus persinggahan dan titik akhir yang menjadi tujuan.


Pantai. Pada bening airnya terpantul kecantikan litosfera berpadu dengan birunya spektrum warna yang menghiasi langit berbatas cakrawala. Dihiasi terumbu berisi koralia dan beragam ikan beraneka warna atau juga beraksentuasi gagah dengan granit yang mencuat dengan pongah. Biru azura bertemu dengan hijau toska,saat rumput laut dan alga bersua dengan hamparan pasir kuarsa. Ketika batas langit dan samudera menjadi garis spektral yang mendiferensiasikan warna. Pada pantai, senja terakhir di hari ini akan melabuhkan cahayanya, saat sang surya tenggelam dalam lautan jingga. Bola merah membara itu menitip pesan dari ufuk lewat gelombang yang membuncah dan memecah di pasir pantai....


Baca lebih lanjut dengan mendownload ebook berikut... 

0 komentar:

Post a Comment